Kamis, 04 Oktober 2012

CARA ENAK MENULIS


Menulis bukanlah hal yang sulit sesulit mengukir di atas batu. Menulis adalah menuangkan segala inspirasi yang ada dalam pikiran kita. Kita bisa dengan leluasa untuk menuangkan gagasan atau ide kita dalam bentuk tulisan apapun. Semua hal yang ingin kita ungkapkan, bisa kita salurkan melalui tulisan. Tidak ada yang bisa membatasi imajinasi kita dalam menulis. Semua manusia di dunia ini bisa menjadi penulis. Bahkan orang yang tidak memiliki tangan sekalipun, bisa menuangkan ide – ide mereka dalam bentuk tulisan.

Saat ini teknologi sudah sangat hebat dan maju. Sehingga seolah kekurangan fisik tidak akan membatasi kreativitas seseorang. Banyak orang yang tidak memiliki kaki bisa menjadi pelari tercepat di dunia, bahkan menorehkan rekor yang tak mungkin dicapai oleh pelari manapun dengan kaki sempurna. Banyak orang yang tidak memiliki kaki dan tangan bisa menjadi perenang nomer satu dunia. Bahkan seseorang yang tidak bisa baca tulispun bisa menorehkan prestasi tingkat dunia di bidang teknologi. Sungguh dunia ini memang sangat luar biasa.

Begitu juga dengan seorang penulis. Apalagi jika anda semua masih memiliki fisik yang sempurna, harta yang mencukupi, bahkan fasilitas yang memadai. Semua itu merupakan faktor penunjang untuk orang bisa mengeksplorasi kemampuannya masing – masing. Seseorang yang tidak memiliki notebook misalnya bisa menggunakan pulpen dan kertas untuk menulis. Seseorang yang tidak memiliki pulpen, bisa menggunakan pensil. Bahkan seseorang yang tidak memiliki tangan bisa menggunakan jari kakinya untuk mengetik. Semua hal adalah mungkin bagi mereka yang berpikiran luar biasa.

Kita sering terkendala untuk menuangkan ide kita dalam bentuk tulisan. Biasanya ide kita sudah terkumpul di dalam otak kita, hanya saja jari – jari kita tidak bisa menari mengikuti alur ide kita. Permasalahan seperti itu adalah hal biasa bagi para pemula. Semua penulis pernah merasakan hal yang sama dengan anda. Dan kunci keberhasilan mereka adalah kesabaran dan tawakal. Mereka tidak menyerah dengan keadaan seperti itu dan mereka berusaha untuk mengatasi hal tersebut.

Seandainya gagasan kita sudah ada di dalam kepala kita, maka segera kita catat apa yang muncul di benak kita. Segera catat. Jangan ditunda – tunda lagi. Jika itu muncul ketika kita tidak membawa notebook atau laptop kita, maka cari kertas dan pulpen untuk menuliskannya. Nah untuk mempermudah dalam mencatat ide, maka kita harus menyediakan buku catatan kecil dan pulpen di saku kita. Sehingga kita bisa dengan cepat untuk menuliskan inspirasi yang muncul di benak kita dengan cepat. Karena terkadang inspirasi itu muncul pada saat yang tidak terduga – duga. Inspirasi bisa muncul saat kita di perjalanan, di mobil, di angkutan umum, di kantor, di sekolah, di kampus, bahkan di dalam kamar mandi pun juga malah lebih sering muncul tuh,, hehe...

Jika kita sudah mempersiapkan catatan kecil, dan kita sudah mencatat semua inspirasi kita namun tetap saja ketika kita ingin menuliskannya dalam tulisan yang indah kita tidak bisa. Itu berarti anda itu masih kurang satu komponen lagi yaitu membaca. Berapa buku yang sudah anda baca selama ini? Hal itu akan mempengaruh tingkat menulis kita. Seandainya kita hanya sedikit membaca buku, maka kita akan menjadi kesulitan dalam menulis. Karena membaca dan menulis itu ibarat saudara kembar yang tidak bisa dipisahkan. Seorang penulis hebat, biasanya dia juga adalah seorang yang rajin membaca. Karena selain itu,membaca juga mampu mempekaya kosa kata kita. Dengan banyak membaca buku maka kita akan mengetahui gaya bahasa dari setiap penulis. Dengan begitu kita bisa meniru gaya bahasa mereka yang sekiranya cocok buat kita. Atau kita bisa mengkolaborasikan gaya bahasa kita dengan gaya bahasa penulis – penulis yang lainnya.

Jika semua itu sudah dilakukan. Mencatat hal – hal penting yang muncul dari inspirasi kita sudah. Membaca banyak buku sudah. Biasanya kita akan mudah menuliskan ide kita. Tapi jika masih tetap tidak bisa menulis juga, saya khawatir anda ini tidak pernah mencoba. Karena percuma saja, jika semua hal sudah kita lakukan dengan baik tapi kita tidak pernah mencobanya. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk menulis. Karena mencoba menulis itu adalah GRATIS dan tidak dipungut pajak. Jadi jangan khawatir. Jika sudah mencoba, pasti kamu bisa. Yakin deh.. 

Jika sudah mencoba tapi masih mentok juga. Maka tulislah kata apa saja yang anda ingat. Misal ingat baju kotor tulis baju kotor, ingat main bola tulis main bola, ingat hujan tulis hujan, ingat mati tulis mati dan lain – lain. Pokoknya tulis semua yang anda ingat. Mudah kan? Nanti setelah itu anda akan terbiasa menulis dan menulis itu menjadi biasa. Ketika menulis itu menjadi kebiasaan, biasanya itu akan menghasilkan karya yang luar biasa, karena kita telah terbiasa menulis karya yang luar biasa, maka anda akan menjadi orang yang luar biasa. Mau?[det]

0 komentar:

Posting Komentar